Survei KIC: Investasi Emas Favorit Masyarakat Termasuk Gen Z - Keuangan ZIGI.ID
Logo
Investasi Emas
keuangan
Investasi Emas
Photo: Katadata
Investasi Emas

ZIGI – Di tengah kemudahan berinvestasi dengan kehadiran berbagai platform digital, emas masih menjadi produk yang paling favorit untuk masyarakat Indonesia.

Tidak hanya generasi X dan Y, bahkan generasi Z yang berada di bawah usia 24 tahun menjadikan emas sebagai produk investasi nomor 1. Pilihan produk investasi kedua gen Z adalah saham dan ketiga reksadana.

Fakta ini berdasarkan hasil survei Investasi Pilihan Generasi Muda yang dilakukan Katadata Insight Center berkolaborasi dengan Zigi.id dan Stockbit. Yuk simak penjelasan lengkapnya!

Emas Produk Investasi Favorit

Survei Investasi pilihan generasi Muda ini dilakukan Katadata Insight Center untuk Zigi.id, media yang dihadirkan Katadata Media Network untuk gen Z. Survei dilakukan pada 6-12 September 2021 kepada 1.939 responden.

Responden investor saham sebanyak 514 adalah pengguna atau pengunjung Stockbit sehingga dalam sejumlah bagian tidak dilibatkan dalam analisis. Survei dilakukan secara online dengan kriteria responden investor berusia diatas 15 tahun.

Selain secara khusus membedah perilaku investor muda yang membeli saham dan reksa dana, survei ini juga menggali kecenderungan investor dalam memilih investasi secara umum.

“Kami secara total mensurvei 1.939 responden yang berinvestasi dalam beragam bentuk, baik tradisional maupun modern seperti investasi digital,” ungkap Vivi Zabkie, manajer riset Katadata Insight Center dalam konfrensi pers Senin, 6 Desember 2021.

Emas masih menjadi pilihan umum saat investasi. Termasuk dalam kelompok usia muda (Gen Y dan Gen Z).  Lebih 60% responden mengaku saat ini memiliki emas. Investasi tanah dan usaha menjadi pilihan berikutnya. Sedang pada kelompok investasi digital, reksadana dan saham yang paling banyak dipilih. 

Responden gen Z sebanyak 43% memiliki investasi emas, kedua investasi saham 37%, dan ketiga investasi reksadana 36%. Emas dipilih, umumnya karena dipersepsikan mudah dijual. Dilihat dari tempat membeli emas, platform digital juga mulai banyak digunakan karena kemudahan dalam bertransaksi.

Sedang jenis investasi digital karena faktor high return, kepraktisan dan modern.  “Pada variabel high risk, high return, praktis dan modern, investasi digital berada di TOP 3. Sementara pada variabel mudah dijual/dicairkan/liquid, emas unggul di posisi tertinggi,” jelas Vivi. 

Pentingnya Edukasi Finansial

Head of Financial Education Stockbit & Bibit.id, Vivi Handoyo Lie menjelaskan pentingnya edukasi investasi untuk meningkatkan literasi finansial masyarakat. Terlebih karena tren investasi belakangan ini semakin meningkat terbukti dari pengguna platform mereka kini 3,1 juta investor saham.

Untuk memastikan investor baru atau pemula ini dapat melakukan investasi dengan tepat dan aman, Stockbit berusaha membantu dengan menghadirkan Stockbit Academy. Lewat fasilitas ini, kata dia, para pengguna dapat belajar saham dari nol, dengan dipandu oleh pengajar yang profesional.

“Supaya tidak terjebak investasi bodong atau caranya salah jadi terlalu berisiko. Agar visi masa depan lebih baik, kita menghadirkan bagaimana analisis dan membaca laporan keuangan, dengan bahasa yang mudah agar semua bisa mengerti,” kata Vivi Handoyo dalam konfrensi pers.

Survei Investasi pilihan generasi Muda ini dilakukan Katadata Insight Center berkolaborasi dengan Zigi.id dan Stockbit. Survei dilakukan secara online dengan kriteria responden investor berusia diatas 15 tahun. Hasil lengkap survei dapat diunduh melalui link ini.

  • Editor: Maria Margaretha
Recommended

5 Tips Mengatur Investasi di Tengah Resesi Global

  • 05 Oktober 2022, 07:00 WIB
Tips-tips mengatur investasi di tengah ancaman resesi global yang dikabarkan akan berlangsung pada tahun 2023 mendatang.

Survei KIC-Zigi: BTS dan Blackpink Jadi Grup Terfavorit di Indonesia

  • 25 Juli 2022, 17:55 WIB
Zigi.id x Katadata Insight Center (KIC) rilis survei 10 boyband dan 10 girlband paling favorit di Indonesia tahun 2022. Ada BTS.

4 Momen Keseruan Zigi.id Korean Day, Bagikan Album Proof BTS Gratis

  • 24 Juli 2022, 18:00 WIB
Momen-momen keseruan Zigi.id Korean Day yang dilaksanakan pada Minggu, 24 Juli 2022 bersama para pengacara keren.

Survei KIC-Zigi: Lebih dari 300 Drakor Telah Ditonton Warga Indonesia

  • 24 Juli 2022, 15:02 WIB
Menurut survei Katadata Insight Center (KIC) x Zigi, sudah lebih dari 300 judul drama Korea ditonton oleh masyarakat Indonesia.

Mengenal Perbedaan Investasi SBR dan ORI, Cocok untuk Gen Z

  • 24 Juni 2022, 17:19 WIB
Investasi kepada SBR dan ORI dapat menjadi pilihan bagi generasi Z yang ingin investasi dengan resiko rendah.

3 Prinsip Investasi Menurut Ray Dalio, Penting Diversifikasi Aset

  • 15 Juni 2022, 13:03 WIB
Menurut Ray Dalio, penting diversifikasi aset dan portofolio yang tahan di setiap kondisi ekonomi agar keuntungan optimal.
The Latest
Haidhar Hibatullah dan Nagita Slavina

5 Hal yang Buat Bisnis Gagal Menurut Pendiri Esteh Indonesia

  • 07 Desember 2022, 07:00 WIB
Ilustrasi Rupiah Digital

5 Fakta Rupiah Digital, Berbeda dengan Uang Elektronik

  • 06 Desember 2022, 07:00 WIB
Ilustrasi PayPal

Cara Mudah Mencairkan Uang di PayPal ke Rekening Bank

  • 02 Desember 2022, 16:03 WIB
Ilustrasi Transaksi Bank

3 Perbedaan Layanan Transfer BI FAST dan Realtime Online

  • 30 November 2022, 19:00 WIB
ilustrasi bisnis mahasiswa saat wisuda

7 Ide Bisnis Mahasiswa saat Musim Wisuda, Tak Perlu Modal Banyak

  • 29 November 2022, 16:19 WIB
INDEKS