Shopee akan PHK Karyawan, Terutama Lini Shopee Food dan ShopeePay - Keuangan ZIGI.ID
Logo
Shopee
keuangan
Shopee
Photo: Shopeepay.co.id
Shopee

ZIGI – Kabar mengejutkan datang dari Shopee, yang tengah bersiap melakukan PHK massal karyawan. Sebelumnya perusahaan asal Singapura ini menjadi salah satu korporasi yang melakukan perekrutan karyawan tertinggi hingga akhir tahun 2021. 

Meski memiliki banyak pelanggan, hingga kini bisnis Shopee masih terbilang merugi. Simak berita lengkapnya di bawah ini. 

Baca juga: 5 Aplikasi Penghasil Uang Aman dan Berizin OJK

Shopee Akan Lakukan PHK Karyawan

ShopeePay
Photo : Shopee
ShopeePay

Melansir dari Katadata pada Selasa, 14 Juni 2022, Shopee akan melakukan pemutusan kerja alias PHK massal di negara-negara tempat perusahaan beroperasi. Saat ini perusahaan utama berinduk di Singapura, sedangkan kantor cabang ada di Indonesia, Thailand, Vietnam, Taiwan, Meksiko, Brasil, Cili, dan Kolombia.  

Pengurangan karyawan ini akan difokuskan pada lini bisnis Shopee Food dan ShopeePay. Keputusan untuk melakukan PHK diambil dalam Internasional Town Hall Meeting yang dilaksanakan pada Senin, 13 Juni 2022.

Dalam rapat umum di atas, para staf diminta untuk mengecek email berisi daftar karyawan yang akan terkena PHK. Melansir dari Nikkei Asia pada Selasa, 14 Juni 2022, karyawan yang dirumahkan diminta untuk menunggu pemberitahuan lebih lanjut. 

Hingga berita ini diturunkan, Shopee Indonesia belum memberikan tanggapan terkait alasan keputusan PHK tersebut. Sea Group selaku perusahaan yang menaungi Shopee juga belum memberikan pernyataan di laman resmi. 

Seorang narasumber mengatakan pada DealStreetAsia bahwa beberapa cabang Shopee telah berhenti merekrut karyawan. Tawaran pekerjaan untuk ditempatkan di perusahaan regional juga sudah dibatalkan. 

Menurut Katadata, dari laporan RevoU, Shopee termasuk perusahaan yang gencar melakukan perekreturan karyawan sebelumnya. Di Asia, Shopee berada di urutan kedua pertumbuhan karyawan sebesar 58%, dengan posisi pertama Glints 69%, dan posisi ketiga TADA sebanyak 34%.

Sementara untuk skala Indonesia, akhir tahun 2021, Shopee berada di posisi pertama dengan penambahan jumlah karyawan mencapai 17.326 orang, dan disusul kemudian Grab (3.305 orang), Lazada (547 orang), Glints (547 orang).

Nilai Keuntungan Sea Group Terbesar Bukan dari Shopee

Sea Group Building
Photo : DealStreetAsia
Sea Group Building

Seperti ditulis Nikkei Asia, secara keseluruhan nilai keuntungan dari Sea Group mengalami peningkatan. Sebagain besar pendapatan ini diperoleh dari cabang Garena, pengembang online dan penerbit game gratis yang sebaran bisnisnya di Asia Tenggara dan Asia TImur. 

Di sisi lain, bisnis Shopee memang masih terbilang rugi tapi mengalami peningkatan pesanan sebanyak 71,3% dari tahun-tahun sebelumnya dengan jumlah transaksi mencapai Rp27.9 Triliun (US$1,9 miliar). 

Akan tetapi Shopee juga mengalami kendala setelah gagal melakukan ekspansi pasar Eropa dan Amerika Latin. Shopee Polandia dan Spanyol memutuskan tutup setelah beroperasi lima bulan karena tidak menunjukan peningkatan kinerja yang signifikan. 

Kabar Shopee PHK karyawan tengah jadi pembicaraan warganet, setelah beberapa startup lain juga turut melakukan kebijakan yang sama di kuartal pertama tahun 2022. Hingga saat ini, menurut data Shopee Singapura jumlah karyawan mencapai 48.095 per hari ini. Belum ada informasi apakah Shopee Indonesia akan menerapkan kebijakan PHK. 

Baca juga: Cara Daftar Shopee Affiliate Program, Syarat dan Komisi

  • Editor: Erika Rizqi Rachmani
  • Logo Tags:
Recommended

Cara Daftar Shopee Affiliate Program, Syarat dan Komisi

  • 31 Mei 2022, 18:54 WIB
Daftar Shopee Affiliate program bisa menjadi salah satu jalan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

5 Aplikasi Penghasil Uang Aman dan Berizin OJK

  • 31 Mei 2022, 11:09 WIB
Aplikasi penghasil uang ini terjamin aman dan bisa kalian gunakan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Cara Nonton TREASURE di Shopee Hari Belanja Konsumen TV Show Hari ini

  • 15 Maret 2022, 17:18 WIB
Cara nonton penampilan spesial TREASURE yang akan tampil di acara Shopee Hari Belanja Konsumen TV Show Indonesia hari ini.

Cara Nonaktifkan Fitur Lihat Belanjaan Teman di Shopee

  • 15 Oktober 2021, 16:26 WIB
Fitur baru Shopee dianggap langgar privasi pengguna karena tidak meminta izin terlebih dahulu. Ini langkah menonaktifkannya

5 Pengakuan Kadir, Sakit Jantung hingga Jual Rumah Demi Bertahan Hidup

  • 30 Juni 2022, 14:03 WIB
Penghasilan berkurang, pelawak Kadir mengaku pernah menderita sakit jantung hingga jual berbagai aset demi bertahan hidup.

Enzy Storia Ingin Vincent Jadi Wali Nikahnya, Tuai Perdebatan

  • 30 Juni 2022, 13:16 WIB
Enzy Storia ungkapkan keinginan Vincent Rompies sebagai wali nikahnya, salah satu bentuk ungkapan sayang. Diduga salah sebut.
The Latest
Jukiverse

Pionicon Bawa Jukiverse NFT Mejeng di New York

  • 29 Juni 2022, 16:32 WIB
Elon Musk

PHK Dimulai! Elon Musk Pecat 200 Karyawan Pabrik Tesla

  • 29 Juni 2022, 13:37 WIB
3AC

Perusahaan Kripto Three Arrows Gagal Bayar Utang Rp 9,9 Trilliun

  • 29 Juni 2022, 11:14 WIB
Trading

Reksadana ETF vs Reksadana Biasa, Mana Lebih Cuan?

  • 29 Juni 2022, 07:00 WIB
Bank

Tips Memilih Rekening Tabungan Agar Saldo Tidak Tergerus

  • 28 Juni 2022, 15:54 WIB
INDEKS