Elon Musk Harus Bayar Pesangon Eks CEO Twitter Sebesar Rp896 Miliar - Keuangan ZIGI.ID
Logo
Elon Musk dan Parag Agrawal
keuangan
Elon Musk dan Parag Agrawal
Photo: Instagram @fact_cre
Elon Musk dan Parag Agrawal

ZIGI – Elon Musk memecat CEO Twitter Parag Agrawal, Chief Financial Officer (CFO) Ned Segal, petinggi bagian hukum dan kebijakan Vijaya Gadde, serta penasihat umum Sean Edgett usai mengakuisisi aplikasi tersebut. Pemecatan ini membuat pendiri Space X harus membayar pesangon dan saham yang totalnya lebih dari Rp1 Triliun. 

Dari beberapa laporan yang tersebar, Elon Musk memiliki alasan khusus kenapa akhirnya memangkas banyak petinggi Twitter setelah akuisisi. Simak berita lengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Aksi Elon Musk Pecat Para Petinggi Twitter Usai Resmi Akuisisi

Pesangon Eks CEO Twitter Parag Agrawal Capai Ratusan Juta

Parag Agrawal
Photo : My Pandit
Parag Agrawal

Usai dipecat, eks CEO Twitter Parag Agrawal mendapat hak pesangon US$ 57,4 juta atau sekitar Rp896 miliar, kemudian Chief Financial Offecer Ned Segal mendapat US$ 44,5 juta atau Rp695 miliar, dan Legal Affairs and Policy Chief Vijaya Gadde sejumlah US$ 20 juta atau Rp312 miliar. 

Tak hanya itu, ketiganya juga akan menerima imbalan atas kepemilikan saham yang jika ditotal sekitar Rp1 Triliun. Saat ini Gadde memiliki saham sebesar Rp541,9 miliar, Segal memiliki Rp342,5 miliar, dan Parag Agrawal sebesar Rp130,8 miliar.

Uang sebesar Rp1 Triliun diberikan sebagai pembayaran karena saham ketiganya resmi diambil alih oleh Elon Musk. Parag Agrawal diangkat sebagai CEO usai bekerja di Twitter selama 11 tahun. Vijaya Gadde juga selama 11 tahun, dan Ned Segal menjadi CFO sejak tahun 2017. Dengan jabatan dan pengabdian tersebut, tidak heran jika ketiganya mendapat pesangon dengan tinggi.

Elon Musk harus membayar seluruh ganti rugi tersebut, kecuali ada beberapa kondisi yang mengizinkannya untuk membatalkan pesangon dan uang penggantian saham. 

“Harus segera dibayarkan kecuali jika Elon Musk punya alasan penghentian seperti dalam hal ini, mereka telah melanggar hukum atau tidak mematuhi kebijakan perusahaan,” kata Direktur Penelitian dari Equilar, Courtney Yu dikutip Zigi.id dari Reuters pada Selasa, 1 November 2022.

Alasan Elon Musk Memecat Petinggi Twitter

Elon Musk
Photo : Fox Business
Elon Musk

Melansir dari Economic Times pada Selasa, 1 November 2022, ada indikasi bahwa Elon Musk berupaya menghalangi pembayaran pesangon di atas. Namun berita ini belum bisa dikonfirmasi lebih lanjut. 

Menurut laporan, alasan pemecatan petinggi Twitter adalah karena mereka dituding telah menuduh dan memuat informasi menyesatkan tentang Elon Musk dan sejumlah investor Twitter lain dengan akun palsu. 

Saat ini Elon Musk menjadi satu-satunya direktur Twitter usai pengambilalihan. Tidak diketahui apakah posisi Elon akan bertahan atau akan diganti oleh orang lain usai urusan akuisisi selesai dilakukan.

Namun pembubaran para petinggi disebut oleh sang miliarder sebagai, ‘hanya sementara’. Elon Musk tidak memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai cuitan tersebut. Dari penelusuran Zigi.id, eks CEO Parag Agrawal mengunci akun Instagram dan belum aktif kembali di Twitter.

Baca juga: Elon Musk Tiba-tiba Bawa Wastafel Saat Kunjungi Kantor Twitter

  • Editor: Erika Rizqi Rachmani
Recommended

T.O.P BIGBANG Dikabarkan Ikut Perjalanan ke Bulan Pada 2023

  • 06 Desember 2022, 11:01 WIB
Isu T.O.P BIGBANG bergabung dalam perjalanan ke bulan yang diadakan miliarder Yusaku Maezawa bermitra dengan Elon Musk.

Siap Bentuk Tim Teknik, Elon Musk Singgung Indonesia di Rapat Twitter

  • 23 November 2022, 17:30 WIB
Rapat bersama karyawan, Elon Musk sebut Indonesia menjadi salah satu negara untuk penempatan tim teknik Twitter.

5 Media Sosial Alternatif Pengganti Twitter

  • 19 November 2022, 15:00 WIB
Elon Musk keluarkan kebijakan baru membuat pengguna beralih ke aplikasi lain, Mastodon hingga Bluesky ramai diperbincangkan.

Ratusan Karyawan Resign Gara-gara Elon Musk, Kantor Twitter Tutup

  • 18 November 2022, 12:06 WIB
Elon Musk tuntut karyawan kerja lebih keras, banyak yang keluar hingga kantor Twitter ditutup sampai Senin, 21 November 2022.

Bicara di B20 Summit, Elon Musk Beri Pesan untuk Mahasiswa Indonesia

  • 14 November 2022, 17:09 WIB
Elon Musk isi B20 Summit yang digelar di Bali pada 14 November 2022, ingatkan mahasiswa untuk memiliki rasa keingintahuan.

Elon Musk Dituntut Mangaka Rp15 Triliun Gara-gara Meme

  • 11 November 2022, 13:33 WIB
Mangaka Kentaro Sato gugat Elon Musk senilai Rp 15,5 triliun karena menggunakan gambar tanpa izin yang diunggah pada Maret 2022.
The Latest
Haidhar Hibatullah dan Nagita Slavina

5 Hal yang Buat Bisnis Gagal Menurut Pendiri Esteh Indonesia

  • 07 Desember 2022, 07:00 WIB
Ilustrasi Rupiah Digital

5 Fakta Rupiah Digital, Berbeda dengan Uang Elektronik

  • 06 Desember 2022, 07:00 WIB
Ilustrasi PayPal

Cara Mudah Mencairkan Uang di PayPal ke Rekening Bank

  • 02 Desember 2022, 16:03 WIB
Ilustrasi Transaksi Bank

3 Perbedaan Layanan Transfer BI FAST dan Realtime Online

  • 30 November 2022, 19:00 WIB
ilustrasi bisnis mahasiswa saat wisuda

7 Ide Bisnis Mahasiswa saat Musim Wisuda, Tak Perlu Modal Banyak

  • 29 November 2022, 16:19 WIB
INDEKS