ZIGI – Mobile banking menjadi salah satu aplikasi yang membantu nasabah dalam bertransaksi. Penggunaan mobile banking juga dinilai lebih praktif, efisien, dan cepat. Sebab, nasabah tidak perlu ke bank atau ATM untuk melakukan transaksi antar atau beda rekening bank.
Sayangnya, masalah sering kali terjadi hingga mobile banking tidak bisa diakses. Melansir dari laman ATM Bersama, ada beberapa penyebab mobile banking tidak bisa diakses di antaranya jaringan internet bermasalah hingga aplikasi kadaluarsa.
Lantas bagaimana cara mengatasi mobile banking yang tidak bisa diakses? Yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini!
Baca Juga: 6 Cara Mengetahui Barcode QRIS Asli atau Palsu
1. Periksa Jaringan Internet

Jaringan internet menjadi salah satu penyebab mobile banking tidak bisa diakses. Biasanya, aplikasi akan memberikan peringatan apabila ada masalah gangguan signal. Ketika mobile banking bermasalah dan tidak bisa diakses, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengecek jaringan.
Lokasi ketika transaksi biasanya juga mempengaruhi jaringan internet. Jika jaringan internet di tempat kamu bermasalah, kamu bisa mencari tempat hingga jaringan internet jadi lebih baik. Selain itu, cek paket data yang kamu gunakan, apakah masih aktif atau tidak.
2. Hapus Cache Aplikasi

Setiap aplikasi yang diunduh di ponsel akan ada beberapa cache. Apabila cache tersebut tidak dihapus hingga menumpuk bisa mengakibatkan kinerja ponsel jadi lambat hingga beberapa aplikasi tidak bisa dibuka.
Begitu pula terhadap aplikasi mobile banking. Alangkah baiknya hapus cache aplikasi mobile banking secara rutin agar aplikasi berjalan lebih cepat dan normal. Cara masuk ke ‘Pengaturan’, kemudian ‘Aplikasi’ dan pilih Mobile Banking yang kamu gunakan. Di situ akan muncul ‘Hapus Cache’ dan pilih ‘OK’.
3. Upgrade Aplikasi ke Versi Baru

Apabila cara di atas belum kunjung berhasil, kamu bisa meng-upgrade aplikasi melalui PlayStore atau AppStore. Caranya dengan masuk ke Google PlayStore atau AppStore, sesuai ponsel yang digunakan. Kemudian cari aplikasi mobile banking yang selama ini kamu pakai.
Pilih update aplikasi dan tunggu hingga aplikasi terinstal secara otomatis. Setelah itu, masuk ke aplikasi mobile banking dengan memasukkan PIN dan password.
4. Update Perangkat

Ada kalanya aplikasi mobile banking tidak bisa diakses untuk perangkat Android atau iOS jenis tertentu. Kamu bisa meng-update perangkat untuk penggunaan Android atau iOS terbaru sehingga mobile banking bisa diakses.
Pembaruan perangkat ini juga bermanfaat untuk aplikasi lain seperti WhatApp yang biasanya juga harus update dan tidak bisa diakses untuk jenis Android tertentu.
5. Ganti Ponsel

Apabila meng-update perangkat belum juga membuahkan hasil, langkah selanjutnya yang bisa kamu pilih adalah dengan mengganti perangkat. Kamu bisa mengunduh aplikasi mobile banking yang digunakan di perangkat baru.
6. Hubungi Call Center

Apabila cara di atas belum bisa mengakses mobile banking, sebaiknya hubungi call center bank yang kamu gunakan untuk transaksi. Nantinya pihak customer service bank akan menanyakan identitas diri nasabah dan masalah yang dialami.
Demikian cara mengatasi mobile banking yang tidak bisa diakses. Nasabah sering kali merasa kebingungan ketika mobile banking tidak bisa diakses karena transaksi atau tabungan yang tersimpan di rekening bank tersebut.
Baca Juga: Cara Pindahkan M-Banking BCA ke HP Lain, Tak Perlu ke Bank
- Editor: Jean Ayu Karna Asmara