5 Marketplace NFT Populer di Tahun 2022 - Keuangan ZIGI.ID
Logo
NFT
keuangan
NFT
Photo: The Verge
NFT

ZIGI – NFT menjadi salah satu instrumen investasi ataupun aset yang kini digemari oleh berbagai kalangan untuk mendapatkan keuntungan di masa depan.

Meski dinilai tidak lebih banyak menguntungkan daripada aset lain, NFT juga berfungsi sebagai sarana bagi para seniman untuk memperdagangkan karyanya, sebut saja NFT Bored Ape yang pernah terjual laku puluhan miliar.

Beberapa bursa NFT pun berdiri, untuk memberikan kemudahan bagi orang-orang yang ingin memulai koleksi NFT.

Lalu apa saja marketplace NFT populer yang kerap digunakan banyak orang? Berikut daftarnya.

Baca Juga: Bill Gates Sebut Kripto dan NFT Didasarkan pada Teori Kebodohan

1. OpenSea

OpenSea
Photo : OpenSea
OpenSea

OpenSea menjadi marketplace yang paling dikenal memperdagangkan NFT sejak berdiri di tahun 2017. OpenSea juga menjadi salah satu marketplace NFT terbesar yang masih aktif hingga sekarang.

Berbagai tipe NFT diperjualbelikan di platform ini mulai dari lukisan, musik, foto, dan produk karya seni digital lainnya. Kripto yang digunakan untuk berdagang di OpenSea adalah Ethereum, Solana, dan berbagai koin kripto lainnya.

Perlu dicatat, kalian tidak bisa membeli dan menjual NFT di OpenSea dengan menggunakan kurs fiat seperti Poundsterling ataupun Dolar Amerika. Untuk biaya, OpenSea membebankan biaya penjualan sebesar 2,5 persen dari setiap transaksi.

OpenSea adalah platform yang sangat mudah digunakan. Kalian dapat membuat akun dengan sangat mudah dan langsung dapat mencari, menjual, atapun menciptatakan NFT yang kalian sukai.

OpenSea sangat cocok digunakan untuk para pemula. Salah satu kreator asal Indonesia yang terkenal menjual NFT di OpenSea adalah Ghozali Everyday.

2. AXIE Infinity

Game NFT Axie Infinity
Photo : Instagram/axie_infinity_nft
Game NFT Axie Infinity

Axie Infinity adalah marketplace NFT dengan nuansa game. Di Axie, pemain akan mengumpulkan karakter Axies yang nantinya dapat dikumpulkan bahkan diadu untuk memperoleh keuntungan.

Sudah banyak orang yang menggunakan game ini untuk memperoleh keuntungan dengan mengkoleksi karakter Axies. Namun, game ini lebih cocok dimainkan untuk kalian yang sudah cukup mengerti dengan cara kerja teknologi blockchain dan NFT, karena juga melibatkan pengguna lain.

3. LooksRare

Looksrare
Photo : Looksrare
Looksrare

LooksRare menjadi marketplace NFT yang masih cukup muda, yang baru berdiri di Januari 2022. Kehadiran LooksRare digadang-gadang mampu menggeser popularitas dari OpenSea.

Bila kita bandingkan dengan cara kerja, tampilan, dan pengalaman pengguna, LooksRare memang tidak jauh berbeda dengan kompetitor utamanya, OpenSea.

Yang membedakan LooksRare dengan OpenSea adalah, pihak LooksRare membagikan keuntungan yang diperoleh perusahaan kepada para pengguna melalui token LOOKS.

4. Rarible

Rarible
Photo : Rarible
Rarible

Rarible juga menjadi salah satu marketplace NFT favorit. Kalian dapat membeli ataupun menjual karya seni, koleksi, aset video game, dan berbagai tipe NFT lainnya.

Di platform ini, Rarible menggunakan koin kripto Ethereum, Flow, dan Tezos untuk bertransaksi. Namun tenang saja, tak seperti OpenSea, Rarible mengizinkan para pengguna untuk bertransaksi menggunakan mata uang fiat seperti Dolar Amerika.

Rarible membebankan biaya tambahan 2,5 persen untuk setiap transaksi.

Salah satu aspek menarik dari Rarible adalah perusahaan memiliki token sendiri yang disebut dengan RARI. Para pemegang RARI nantinya diberikan hak untuk menentukan arah kebijakan perusahaan, mirip dengan konsep pemegang saham suatu perusahaan.

Mengutip Forbes, di tahun 2021, Rarible mengumumkan kerjasama dengan Adobe untuk membuat verifikasi dan proteksi keamanan digital NFT menjadi lebih baik.

5. NBA Top Shot

NBA Top Shot
Photo : NBA
NBA Top Shot

Marketplace NFT satu ini cukup berbeda karena memiliki pangsa pasar fans basket. NBA Top Shot memperjualbelikan NFT dari momen sejarah olahraga bola basket.

Di NBA Top Shot, kalian bisa membeli karya seni ataupun cuplikan pertandingan ataupun momen yang terjadi di NBA ataupun WNBA. Namun beberapa cuplikan pertandingan dijual cukup mahal, salah satunya video slamdunk Lebron James yang dipatok di harga US$ 208.000 atau setara dengan Rp 3 milliar di Februari 2021.

NBA Top Shot didirikan langsung oleh NBA yang memiliki hak eksklusif terhadap setiap video dan cuplikan pertandingan. NBA Top Shot membebankan biaya sebesar US$ 5 untuk setiap transaksi jual dan beli.

Jual beli di platform ini dapat menggunakan koin kripto seperti Bitcoin dan Ethereum ataupun juga mata uang fiat.

Itu tadi lima marketplace yang bisa kalian coba untuk menjual, membeli, ataupun menciptakan NFT dan meraih keuntungan darinya.

Baca Juga: 5 Fakta NFT Bored Ape Yatch Club, Bakal Diadaptasi ke Film

  • Editor: Raynard Kristian Bonanio
Recommended

Grup BTS Hiatus, HYBE Fokus Kembangkan Weverse dan NFT

  • 28 Juni 2022, 10:34 WIB
Setelah hiatus BTS, HYBE tengah memfokuskan bisnis perusahaannya dalam pengembangan platform Weverse dan NFT.

Binance Gaet Cristiano Ronaldo Rilis NFT Akhir Tahun 2022

  • 27 Juni 2022, 11:13 WIB
Perusahaan bursa kripto milik Changpeng Zhao, Binance menggandeng Cristiano Ronaldo untuk merilis NFT pada akhir tahun 2022.

Kekayaan Anjlok, Pendiri Kripto LUNA Kini Hidup Hemat

  • 23 Juni 2022, 20:41 WIB
Akibat kejatuhan USDT dan LUNA pada Mei 2022 lalu, kekayaan yang dimiliki sang pendiri Do Kwon nyaris hilang seluruhnya.

Castle Craig, Tempat Rehabilitasi Pecandu Kripto Pertama di Dunia

  • 22 Juni 2022, 22:06 WIB
Castle Craig berlokasi di Skotlandia memberikan layanan terapi rehabilitasi bagi mereka yang mengalami kecanduan bermain kripto.

Elon Musk Digugat Rp 3.819 Triliun Karena Skema Piramid Dogecoin

  • 17 Juni 2022, 18:26 WIB
Elon Musk digugat senilai Rp 3.819 triliun oleh investor Dogecoin atas tuduhan melakukan skema piramida pada uang kriptonya.

Bill Gates Sebut Kripto dan NFT Didasarkan pada Teori Kebodohan

  • 16 Juni 2022, 10:42 WIB
BIll Gates menyebut bahwa kripto dan NFT sebagai aset yang didasarkan pada teori kebodohan atau The Greater Fool Theory.
The Latest
Jukiverse

Pionicon Bawa Jukiverse NFT Mejeng di New York

  • 29 Juni 2022, 16:32 WIB
Elon Musk

PHK Dimulai! Elon Musk Pecat 200 Karyawan Pabrik Tesla

  • 29 Juni 2022, 13:37 WIB
3AC

Perusahaan Kripto Three Arrows Gagal Bayar Utang Rp 9,9 Trilliun

  • 29 Juni 2022, 11:14 WIB
Trading

Reksadana ETF vs Reksadana Biasa, Mana Lebih Cuan?

  • 29 Juni 2022, 07:00 WIB
Bank

Tips Memilih Rekening Tabungan Agar Saldo Tidak Tergerus

  • 28 Juni 2022, 15:54 WIB
INDEKS