ZIGI – Pendiri Esteh Indonesia, Haidhar Hibatullah Wurjanto membagikan beberapa hal-hal yang bisa membuat bisnis gagal. Pernyataan ini disampaikan Haidhar kala diundang oleh Bank BRI untuk mengisi acara Ngobrol Pintar BRILIANPRENEUR pada Selasa, 30 November 2022.
Haidhar Hibatullah mengisahkan awal berdirinya Esteh Indonesia tidak sendirian melainkan dibantu oleh kedua temannya. Meski nama bisnisnya es teh, Haidhar berinovasi dalam rasa hingga logo dan kini dipimpin oleh Nagita Slavina selaku CEO.
Haidhar menegaskan bahwa Es Teh Indonesia bisa berdiri dan sukses lantaran sudah menyiapkan secara matang begitu pula dengan visi bisnisnya yang jelas dan terarah. Lantas apa saja hal-hal yang bisa membuat bisnis gagal? Yuk simak pernyataan Haidhar Hibatullah terkait kegagalan berbisnis!
Baca Juga: 8 Ide Bisnis Anti Mainstream yang Menjanjikan Bagi Gen Z
1. Kurangnya Permintaan

Haidhar mengatakan masalah bisnis kemungkinan gagal karena sasaran pasar kurang tepat alias kurangnya permintaan. Ketika membangun bisnis, permintaan pasar menjadi pertimbangan yang harus dipikirkan.
Haidhar memisalkan produknya yakni Esteh Indonesia yang notabene memiliki logo dan nama brand yang sederhana. Terlebih es teh banyak diminati oleh banyak orang di Indonesia untuk berbagai kesempatan baik formal maupun non formal.
2. Kurangnya Modal

Haidha mengungkapkan untuk mendirikan bisnis harus dikuatkan terlebih pondasinya. Salah satunya adalah masalah modal. Bukan masalah nekat kemudian mendirikan bisnis tanpa modal, justru Haidhar menekankan siap modal adalah cara yang aman dalam mendirikan bisnis.
Pasalnya, Haidhar mendirikan Esteh Indonesia bukan dengan biaya yang murah melainkan butuh biaya sekitar Rp300 juta. Bukan tanpa alasan, Haidhar menggunakannya secara matang hingga produknya kini viral.
3. Tim yang Tidak Solid

Bukan masalah kualitas produk dan modal saja yang menjadi penyebab bisnis gagal melainkan juga tim atau partner bisnis. Menurut Haidhar, tim yang tidak solid juga menjadi jurang kehancuran bagi bisnis yang akan dibentuk.
4. Produk yang Tidak Bagus

Selain masalah belum tepat sasaran, produk yang tidak bagus juga menjadi salah satu bisnis tidak berkembang. Orang akan memberikan kepercayaan setelah mengetahui produk yang dijual berkualitas bagus dan memiliki keunikan.
Oleh sebab itu, untuk mendirikan bisnis terutama dalam bidang kuliner membutuhkan inovasi dan pangsa pasar yang besar.
“Sebagai founder, pesan saya buat sesuatu yang orang belum lihat (peluang). Soal rasa, soal budaya, itu yang penting,” ujar Haidhar Hibatullah dikutip dari YouTube Bank BRI pada Selasa, 6 Desember 2022.
5. Tidak Bisa Bersaing

Seorang pengusaha juga dituntut fleksibel dalam berbagai hal. Hal ini ditegaskan oleh Haidhar dalam berbisnis yakni harus memiliki mental untuk bersaing. Terlebih dengan kecanggihan teknologi dan minat pasar yang berubah-ubah, pengusaha diminta untuk selalu memiliki ide yang cemerlang.
“Lihat lima itu dulu, sebelum mulai lihat dulu ini produknya ada nggak sih marketnya, ada nggak sih USP (Unique Selling Proposition)-nya,” ujar pendiri Es Teh indonesia.
Selaku pelaku bisnis, Haidhar juga menegaskan bahwa seorang pebisnis harus memiliki keinginan untuk selalu belajar meski bisnis yang digelutinya sudah sukses di pasaran. Nah, demikian sederet alasan bisnis bisa gagal dengan cepat menurut pendiri Esteh Indonesia, Haidhar Hibatullah.
Baca Juga: 5 Tips Membangun Relasi di Lingkungan Bisnis
- Editor: Jean Ayu Karna Asmara