5 Cara Memperbaiki Kondisi Keuangan Setelah Overspending - Keuangan ZIGI.ID
Logo
Ilustrasi
keuangan
Ilustrasi
Photo: Shutterstock
Ilustrasi

ZIGI – Overspending merupakan salah satu masalah keuangan, yang seringkali dialami oleh setiap orang. Seseorang dikatakan melakukan overspending, jika ia telah menghabiskan banyak uang di luar kemampuan dan kebutuhan alias boros. Ketidakmampuan dalam mengelola keuangan dengan baik tentu bisa memperburuk kondisi keuangan.

Biasanya seseorang akan memiliki sikap overspending ketika melihat barang-barang yang sedang diskon. Sehingga mereka cenderung kalap dalam membeli suatu barang tanpa berpikir panjang. 

Merasa bersalah telah menghabiskan banyak uang yang melebihi batas? Daripada menyesali keadaan, lebih baik kamu memperbaiki kondisi keuangan. Berikut cara memperbaiki kondisi keuangan setelah mengalami overspending, yang dilansir dari laman Inspired Budget. Yuk simak!

1. Melakukan Identifikasi Penyebab

Ilustrasi
Photo : Shutterstock
Ilustrasi

Jika kamu mengalami overspending, temukan kebiasaan apa yang membuat kamu melakukan hal demikian. Misal, kamu terlalu sering melihat diskon di mall, sehingga kamu selalu tergiur untuk belanja sesuatu yang tidak penting. Jika itu penyebabnya, maka perhitungkanlah setiap barang yang kamu beli itu diperlukan atau tidak.

Namun, masalah setiap orang berbeda-beda. Jadi temukan jawaban dalam masalah yang kamu hadapi, dengan jujur pada diri sendiri sepenuhnya. Mulailah untuk identifikasi penyebab kebiasaan kamu, sebelum kamu dapat memperbaikinya. Dengan mengetahui penyebabnya, kamu dapat mencegah terjadinya overspending di masa depan. 

Setelah mengetahui penyebab, mulai catat semua pengeluaran meski nominal yang dikeluarkan tidak besar. Melalui kebiasaan ini, kamu dapat mengetahui sektor mana yang terjadi overspending.

2. Gunakan Uang Tunai dan Batasi Penggunaan Kartu Kredit atau Debit

Ilustrasi
Photo : Shutterstock
Ilustrasi

Berhenti menghabiskan banyak uang dengan meminimkan transaksi penggunaan kartu kredit dan debit. Gunakanlah uang tunai secukupnya saat berbelanja. Overspending dengan uang tunai jauh lebih sulit dibandingkan dengan overspending kartu kredit maupun debit.

Selain itu, berhenti menghabiskan uang dengan cara makan di luar. Batasi setiap pengeluaran seminimal mungkin, sehingga kondisi keuangan secara perlahan akan pulih.

3. Bayar Tagihan Kartu Kredit Tepat Waktu

Ilustrasi
Photo : Shutterstock
Ilustrasi

Jika kamu telah menghabiskan uang menggunakan kartu kredit, sebaiknya bayar tagihan lebih dari minimum. Dengan begitu kamu akan bekerja lebih keras mencari penghasilan lain, untuk membayar seluruh tagihan kartu kredit.

Berhentilah menggunakan kartu kredit, jika tak mau utang semakin menumpuk. Jika terus menggunakan kartu kredit sebagai alat transaksi, bunga akan semakin meningkat. Mulailah hindari kebiasaan menggunakan kartu kredit, yang dapat mengurangi kebiasaan overspending.

4. Buat Rencana Keuangan

Ilustrasi
Photo : Shutterstocks
Ilustrasi

Setelah mengalami overspending, buatlah rencana keuangan. Overspending merupakan kondisi keuangan yang berantakan, karena tidak ada kejelasan dalam pembuatan anggaran. Untuk mengatasi masalah yang telah terjadi, buatlah perencanaan keuangan dengan anggaran yang telah ditentukan. 

Dengan merencanakan uang yang akan kamu gunakan, dapat memperbaiki kebiasaan overspending. Perencanaan keuangan terbagi menjadi rencana jangka pendek dan jangka panjang.

Mulailah dari membuat anggaran jangka pendek seperti mencatat penguluaran harian. Dengan begitu kamu dapat menahan hasrat belanja dengan jumlah yang melebihi batas. Setelah berhasil merencanakan anggaran jangka pendek, buatlah anggaran jangka panjang untuk menentukkan target kamu di masa depan. Perlu diingat, buatlah anggaran yang realistis dan sesuaikan dengan pendapatan. 

5. Berhenti Menyalahkan Diri Sendiri

Ilustrasi
Photo : Shutterstocks
Ilustrasi

Berhenti menyalahkan diri sendiri karena telah melakukan overspending. Maafkan diri sendiri yang telah membuat kesalahan. Hadapi kenyataan bahwa kamu telah menghabiskan jumlah uang yang terlalu banyak.

Kemudian mulai berjanji pada diri sendiri untuk mulai memperhatikan pengeluaran agar tidak terulang di masa mendatang. Terpenting adalah menahan hasrat belanja karena itu merupakan ‘akar’ dari overspending.

  • Editor: Anabel Yevina
Recommended

10 Tips Mengatur Keuangan untuk Mahasiswa ala Adik Raditya Dika

  • 15 November 2022, 19:19 WIB
Tips mengatur keuangan untuk mahasiswa dari adik Raditya Dika agar tak terjebak perilaku konsumtif dan pinjol.

7 Tips Kelola Keuangan Selama Pergi Liburan

  • 08 November 2022, 07:00 WIB
Liburan biasanya dihabiskan untuk berkunjung ke lokasi wisata, agar tidak boros maka perlu perencanaan pengeluaran yang tepat.

4 Tips Bijak Pakai Kartu Kredit ala Tarra Budiman

  • 04 November 2022, 11:57 WIB
Tarra Budiman bagikan tips-tips penggunaan kartu kredit secara bijak agar tidak memberatkan saat sudah masuk waktu tagihan.

5 Kesalahan First Jobber Soal Keuangan Menurut Prita Ghozie

  • 29 Oktober 2022, 14:00 WIB
Kesalahan yang sering dialami oleh first jobber atau orang yang pertama kali baru bekerja terkait keuangan menurut Prita Ghozie.

5 Tips Mengatur Investasi di Tengah Resesi Global

  • 05 Oktober 2022, 07:00 WIB
Tips-tips mengatur investasi di tengah ancaman resesi global yang dikabarkan akan berlangsung pada tahun 2023 mendatang.

7 Tips Menabung Cepat dan Anti Ribet untuk Nonton Konser

  • 20 September 2022, 16:16 WIB
Tips menabung untuk membeli tiket konser, pastikan mengetahui semua yang dibutuhkan selama konser agar tidak keluar dari rencana.
The Latest
Haidhar Hibatullah dan Nagita Slavina

5 Hal yang Buat Bisnis Gagal Menurut Pendiri Esteh Indonesia

  • 07 Desember 2022, 07:00 WIB
Ilustrasi Rupiah Digital

5 Fakta Rupiah Digital, Berbeda dengan Uang Elektronik

  • 06 Desember 2022, 07:00 WIB
Ilustrasi PayPal

Cara Mudah Mencairkan Uang di PayPal ke Rekening Bank

  • 02 Desember 2022, 16:03 WIB
Ilustrasi Transaksi Bank

3 Perbedaan Layanan Transfer BI FAST dan Realtime Online

  • 30 November 2022, 19:00 WIB
ilustrasi bisnis mahasiswa saat wisuda

7 Ide Bisnis Mahasiswa saat Musim Wisuda, Tak Perlu Modal Banyak

  • 29 November 2022, 16:19 WIB
INDEKS