4 Tips Bijak Pakai Kartu Kredit ala Tarra Budiman - Keuangan ZIGI.ID
Logo
Tips Pakai Kartu Kredit Ala Tarra Budiman
keuangan
Tips Pakai Kartu Kredit Ala Tarra Budiman
Photo: Berbagai Sumber
Tips Pakai Kartu Kredit Ala Tarra Budiman

ZIGI – Banyak alasan orang segan untuk menggunakan kartu kredit di antaranya takut punya utang hingga kekhawatiran bersikap boros. Tidak dapat dipungkiri, penggunaan kartu kredit dinilai jauh lebih mudah dibandingkan harus mengeluarkan uang cash alias tunai.

Namun, penggunaan kartu kredit bisa teratasi dengan baik apabila mampu mengelolanya. Artis Tarra Budiman memberikan beberapa tips bijak penggunaan kartu kredit. Bagaimana cara agar bisa menggunakan kartu kredit dengan bijak? Yuk simak ulasannya di bawah ini!

Baca Juga: 5 Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Kartu Kredit yang Harus Dipahami

1. Ubah Mindset

Ilustrasi Kartu Kredit
Photo : Unsplash
Ilustrasi Kartu Kredit

Tarra Budiman saat diskusi daring menceritakan sedikit alasannya menggunakan kartu kredit. Bukan sebagai uang pembayaran yang selalu digunakan, rupanya Tarra lebih menggunakan kartu kredit sebagai sarana pembayaran ketika dibutuhkan.

“Kalau dari gue pribadi, gue tidak pernah melihat kartu kredit ini adalah uang tambahan. Kartu kredit itu adalah dana yang kita perluin kalau butuh bantuan,” ujar Tarra Budiman saat diskusi dari dilansir dari Antara pada Kamis, 3 November 2022.

2. Takar Kemampuan Finansial

Ilustrasi Kartu Kredit
Photo : Unsplash
Ilustrasi Kartu Kredit

Sebelum menggunakan kartu kredit, Tarra menyarankan untuk menilik kembali kemampuan finansial secara individu. Pemain Mas Oki di Terlalu Tampan ini juga memberikan saran agar melakukan penganggaran dana setiap bulannya.

“Caranya memang harus mem-budgeting dulu kebutuhannya untuk apa. Kalau aku selain kebutuhan bulanan, memang untuk traveling. Ada lagi kartu kredit yang untuk online saja,” ujar Tarra Budiman.

3. Memiliki Kesiapan

Ilustrasi Kartu Kredit
Photo : Unsplash
Ilustrasi Kartu Kredit

Jika sudah menakar kemampuan finansial maka sejalan dengan kesiapan untuk menggunakan kartu kredit. Pasalnya, banyak orang memilih untuk menimbang kembali penggunaan kartu kredit meski sudah memiliki kemampuan finansial yang baik.

Kesiapan yang dimaksudkan adalah kemampuan untuk membayar tagihan. Tarra memberikan saran agar tidak membayar cicilan dengan jumlah minimal pembayaran.

“Karena kalau sudah minimal itu bungaanya akan naik. Jadi lebih baik bayar ketika kalian sudah sanggup untuk membayar maksimalnya. Minimal setengahnya lah kalau buat saya,” ujar Tarra Budiman.

4. Bertanggung Jawab

Ilustrasi BI Chechking alias SLIK
Photo : Unsplash
Ilustrasi BI Chechking alias SLIK

Tarra menyebutkan kepemilikan kartu kredit penting bagi dirinya. Bukan hanya untuk keperluan pribadi, kartu kredit juga sebagai bentuk dana darurat. Oleh sebab itu, ketika memutuskan untuk memiliki kartu kredit harus mengetahui tanggung jawab untuk membayar tagihan.

Hal ini juga disepakati oleh Certified Financial Planner, Aliyah Natasya. Setiap orang yang mampu membayar kewajibannya maka tidak masalah untuk memiliki kartu kredit.

“Selama kita yakin kita mampu siap membayar kewajibannya, it’s okay. Selama ada income karena biasanya butuh slip gaji atau misalnya surat tertentu atau rekening bank yang membutuhkan kalau orang ini memiliki income dan tanggung jawab,” ujar Aliyah Natasya.

Nah, demikian beberapa tips bijak menggunakan kartu kredit menurut Tarra Budiman. Hal yang terpenting bagi artis kelahiran 1986 ini adalah tidak menjadi kartu kredit sebagai kewajiban melainkan sarana ketika dibutuhkan. 

Baca Juga: 5 Kesalahan Pengguna Kartu Kredit yang Harus Dihindari

  • Editor: Jean Ayu Karna Asmara
Recommended

Cara Mudah Mencairkan Uang di PayPal ke Rekening Bank

  • 02 Desember 2022, 16:03 WIB
Cara-cara untuk menarik uang di PayPal ke rekening bank dengan mudah melalui ponsel, laptop maupun PC (Personal Computer).

4 Modal untuk Bangun Bisnis Setelah di PHK Menurut Sandiaga Uno

  • 16 November 2022, 18:52 WIB
Sandiaga Uno bagikan tips modal bisnis yang perlu dipersiapkan setelah di PHK oleh suatu perusahaan, uang bukan hal utama.

10 Tips Mengatur Keuangan untuk Mahasiswa ala Adik Raditya Dika

  • 15 November 2022, 19:19 WIB
Tips mengatur keuangan untuk mahasiswa dari adik Raditya Dika agar tak terjebak perilaku konsumtif dan pinjol.

7 Tips Kelola Keuangan Selama Pergi Liburan

  • 08 November 2022, 07:00 WIB
Liburan biasanya dihabiskan untuk berkunjung ke lokasi wisata, agar tidak boros maka perlu perencanaan pengeluaran yang tepat.

5 Kesalahan First Jobber Soal Keuangan Menurut Prita Ghozie

  • 29 Oktober 2022, 14:00 WIB
Kesalahan yang sering dialami oleh first jobber atau orang yang pertama kali baru bekerja terkait keuangan menurut Prita Ghozie.

4 Tips Antisipasi Dampak Inflasi dan Stagflasi Global Ala OJK

  • 02 Oktober 2022, 16:00 WIB
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membagikan 4 tips agar dapat mengantisipasi dampak inflasi dan stagflasi global.
The Latest
Haidhar Hibatullah dan Nagita Slavina

5 Hal yang Buat Bisnis Gagal Menurut Pendiri Esteh Indonesia

  • 07 Desember 2022, 07:00 WIB
Ilustrasi Rupiah Digital

5 Fakta Rupiah Digital, Berbeda dengan Uang Elektronik

  • 06 Desember 2022, 07:00 WIB
Ilustrasi PayPal

Cara Mudah Mencairkan Uang di PayPal ke Rekening Bank

  • 02 Desember 2022, 16:03 WIB
Ilustrasi Transaksi Bank

3 Perbedaan Layanan Transfer BI FAST dan Realtime Online

  • 30 November 2022, 19:00 WIB
ilustrasi bisnis mahasiswa saat wisuda

7 Ide Bisnis Mahasiswa saat Musim Wisuda, Tak Perlu Modal Banyak

  • 29 November 2022, 16:19 WIB
INDEKS