4 Modal untuk Bangun Bisnis Setelah di PHK Menurut Sandiaga Uno - Keuangan ZIGI.ID
Logo
Sandiaga Uno
keuangan
Sandiaga Uno
Photo: Instagram/@sandiuno
Sandiaga Uno

ZIGI – Meski Covid-19 sudah berlalu, PHK masih saja marak terjadi khususnya perusahaan dengan basis teknologi. Katakan saja Twitter yang baru dipegang Elon Musk, sekurangnya ada 3 ribu karyawan dipecat di awal November 2022.

Diikuti oleh perusahaan induk Facebook, Meta yang PHK karyawannya sebanyak 11 ribu orang. Rupanya ini juga pernah dialami oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. Meski saat itu hanya memiliki modal sedikit, Sandiaga Uno yakin untuk memberanikan diri terjun ke bisnis.

Penasaran bagaimana Sandiaga menciptakan bisnis setelah di PHK meski hanya memiliki modal sedikit? Yuk simak ulasannya di bawah ini!

Baca Juga: 10 Ide Bisnis untuk Anak Sekolah ala Ogut 'Muda Cuma Sekali'

1. Memanfaatkan Pesangon

Ilustrasi Keuangan
Photo : Unsplash
Ilustrasi Keuangan

Setelah dipecat oleh suatu perusahaan, tentu saja masalah finansial juga terganggu. Menggunakan pesangon yang didapatkan dari perusahaan sudah pasti kesulitan membangun bisnis. Ternyata, Sandiaga Uno memanfaatkan pesangonnya untuk membuka bisnis jasa yang tidak mengeluarkan banyak uang.

“Karena saya tidak memiliki modal yang banyak yakni buka bisnis berkaitan dengan jasa, bisnis konsultan keuangan. Saat itu, sasaran saya adalah perusahaan-perusahaan yang membutuhkan konsultasi restrukturisasi keuangan pasca krisis,” ujar Sandiaga Uno dikutip dari YouTube-nya, Sandiuno TV pada Rabu, 16 November 2022.

Selain mempertimbangkan pesangon yang didapatkan dari perusahaan sebelumnya, buka peluang bisnis disesuaikan dengan kemampuan diri. Banyak bisnis jasa yang bisa dilakukan seperti desain grafis, jasa kepenulisan, IT dan masih banyak lagi.

2. Tekad Keras

Ilustrasi Bisnis
Photo : Unsplash
Ilustrasi Bisnis

Sandiaga Uno menegaskan modal bisnis bukan hanya berupa uang terlebih jika keuangan masih tidak stabil atau bahkan minus. Apabila menambah utang maka akan mempersulit diri oleh sebab itu, Sandiaga Uno menyarankan untuk bertekad keras untuk mendirikan bisnis.

Sandiaga Uno akui ketika membuka bisnis jasa tidak memiliki modal uang melainkan hanya tekad dan kerja keras. Bermodalkan ilmu pengetahuan tentang keuangan, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini mampu bangkit dari masalah finansial.

3. Perluas Network

Ilustrasi Bisnis
Photo : Unsplash
Ilustrasi Bisnis

Selama masih bekerja, sebaiknya lebarkan relasi kamu di berbagai aspek. Langkah ini menjadi salah satu modal untuk mempersiapkan bisnis. Dengan jaringan pertemanan, memungkinkan untuk mengembangkan bisnis.

Banyak ilmu yang didapatkan apabila menjalin relasi lebih luas. Bukan hanya ‘mencuri’ ilmu mereka melainkan kamu juga bisa berkonsultasi untuk mendapatkan jawaban dari permasalahan yang dihadapi. Relasi ini bisa ditemui di mana-mana seperti teman, komunitas, keluarga dan masih banyak lagi.

4. Jual Aset

Ilustrasi Keuangan
Photo : Unsplash
Ilustrasi Keuangan

Sandiaga Uno akui selama mengembangkan bisnisnya pernah ditolak puluhan kali perusahaan. Di titik ini membuat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tersebut stres karena keuangan yang semakin menipis. Alhasil, ia menjual emas istrinya, Nur Asia atas persetujuan sang istri.

Dengan rasa kepercayaan diri dan usaha keras, Sandiaga Uno akhirnya kembali menjalankan usahanya dan pemasukan semakin membaik.

Nah, di atas beberapa modal yang bisa digunakan untuk memulai bisnis setelah di-PHK ala Sandiaga Uno. Meski uang berpengaruh, Sandiaga Uno menyebut modal tidak seluruhnya berasal dari uang. Masih takut untuk memulai bisnis? Bisa nih ikuti cara Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno ketika membangun bisnis.

Baca Juga: 5 Tips Membangun Relasi di Lingkungan Bisnis

  • Editor: Jean Ayu Karna Asmara
Recommended

5 Hal yang Buat Bisnis Gagal Menurut Pendiri Esteh Indonesia

  • 07 Desember 2022, 07:00 WIB
Haidhar Hibatullah, pendiri Esteh Indonesia bagikan lima hal yang buat bisnis gagal di pasaran, salah satunya tim tidak solid.

Cara Mudah Mencairkan Uang di PayPal ke Rekening Bank

  • 02 Desember 2022, 16:03 WIB
Cara-cara untuk menarik uang di PayPal ke rekening bank dengan mudah melalui ponsel, laptop maupun PC (Personal Computer).

7 Ide Bisnis Mahasiswa saat Musim Wisuda, Tak Perlu Modal Banyak

  • 29 November 2022, 16:19 WIB
Acara wisuda jadi kesempatan untuk mencari potensi bisnis mahasiswa, mulai dari jualan berbagai jenis buket.

Momen Sandiaga Uno Ajarkan Song Joong Ki Joget Dangdut Koplo

  • 29 November 2022, 09:28 WIB
Video Sandiaga Uno saat mengajarkan Song Joong Ki joget dangdut koplo jadi sorotan hingga ucapkan terima kasih.

7 Tips Kelola Keuangan Selama Pergi Liburan

  • 08 November 2022, 07:00 WIB
Liburan biasanya dihabiskan untuk berkunjung ke lokasi wisata, agar tidak boros maka perlu perencanaan pengeluaran yang tepat.

4 Tips Bijak Pakai Kartu Kredit ala Tarra Budiman

  • 04 November 2022, 11:57 WIB
Tarra Budiman bagikan tips-tips penggunaan kartu kredit secara bijak agar tidak memberatkan saat sudah masuk waktu tagihan.
The Latest
Haidhar Hibatullah dan Nagita Slavina

5 Hal yang Buat Bisnis Gagal Menurut Pendiri Esteh Indonesia

  • 07 Desember 2022, 07:00 WIB
Ilustrasi Rupiah Digital

5 Fakta Rupiah Digital, Berbeda dengan Uang Elektronik

  • 06 Desember 2022, 07:00 WIB
Ilustrasi PayPal

Cara Mudah Mencairkan Uang di PayPal ke Rekening Bank

  • 02 Desember 2022, 16:03 WIB
Ilustrasi Transaksi Bank

3 Perbedaan Layanan Transfer BI FAST dan Realtime Online

  • 30 November 2022, 19:00 WIB
ilustrasi bisnis mahasiswa saat wisuda

7 Ide Bisnis Mahasiswa saat Musim Wisuda, Tak Perlu Modal Banyak

  • 29 November 2022, 16:19 WIB
INDEKS